Rabu, 14 Maret 2012

Mengubah Nilai Rating System (Windows Experience Index) Pada Windows 7

Pada tutorial sebelumnya telah saya jelaskan mengenai cara mengubah Base Score pada Windows Vista. Sekarang kita akan mencoba cara yang sama untuk Rating System pada Windows 7.
Apa itu Rating System ? Rating System adalah nilai kinerja dari keseluruhan hardware pada komputer yang menggunakan system operasi Windows 7, atau yang di sebut "Windows Experience Index"(WEI). Standar nilai dihitung dengan melakukan test benchmark secara keseluruhan terhadap CPU, RAM, Graphics Video, Hard Disk, Kecepatan Transfer data dan beberapa hal lain yang menyangkut kinerja hardware. Skor yang didapat dari setiap komponen dikumpulkan menjadi satu dan kemudian digabung menjadi skor utama dari Windows Experience Index.
Tanpa perlu banyak basa-basi mari kita langsung pada prakteknya.
Untuk mengubah Rating System pada Windows 7 yang harus anda lakukan adalah :


  • Masuk kedalam folder C:\Windows\Perfomance\WinSAT\DataStore.
  • Buka File Formal.Assessment (Initial).WinSAT.xml (silahkan search file tersebut apabila kesulitan menemukannya, apabila lebih dari satu maka pilih file yang paling baru) menggunakan Text Editor (disarankan menggunaan Wordpad agar lebih rapi).

Lokasi File


  • Silahkan edit SystemScore, MemoryScore, CpuScore, CPUSubAggScore, VideoEncodeScore, GraphicsScore, Dx9SubScore, Dx10SubScore, GamingScore, dan DiskScore dengan angka 7.9 (nilai maksimal rating). Untuk lebih mudahnya, Ctrl+F pada Wordpad dan cari komponen yang dimaksud, karena ini file xml, maka pasti ada tag pembuka dan penutupnya pastikan angka rating yang diubah berada diantara tag pembuka dan penutup pada file xml tersebut.

Edit Komponen pada File XML


  • Setelah selesai diedit save/simpan file tersebut, apabila tidak bisa disave maka save as file tersebut dengan  nama yang sama tetapi ditempatkan pada folder yang berbeda. Kemudian copy file yang sudah di save tadi pada folder C:\Windows\Perfomance\WinSAT\DataStore.
  • Tekan tombol Windows+Pause Break, maka akan muncul Properties Operating System kita. Bisa juga dengan klik kanan pada Icon/Menu Computer dan klik Properties.

System Properties

  • Bisa kita lihat disini otomatis Rating System komputer kita akan berubah.
  • Terima Kasih sudah membaca tutorial singkat ini, dan selamat mencoba.

3 komentar:

Abu Arsy Anargya mengatakan...

Waahh berhasil. Terima kasih Gan... btw emang buat apa sih Rating itu Gan?? apakah berpengaruh pada kinerja Laptop / Kompi?? terima kasih

Unknown mengatakan...

congrats gan!! IMHO Rating atau Windows Experience Index itu sebenarnya cuma jadi patokan untuk menilai kinerja hardware (ram,harddisk,vga,prosessor,dll)dari komputer kita gan. Biasanya di toko2 yang ngejual komputer diliatin rating dari notebook atau pc yang mereka jual sebagai nilai tambah jual dari barang mereka.CMIW

Unknown mengatakan...

Kok gue ga bisa berubah?? Padahal udah di copas